Saturday 4 May 2019

Sharing Kerusakan dan cara memperbaiki Tv Led Polytron mati Total

cara cepat servis tv led polytron mati totalTv led polytron mati total terkadang membuat sebagian besar dari para kostumer merasa pesimis untuk membawanya ke tukang servis sebab dari kabar yang beredar, entah kabar itu datang darimana, tak ada satupun ada yang bisa memastikan. Kabar tersebut adalah mahalnya biaya servis untuk sebuah tv led polytron mati total. Bahkan bukan hanya itu, sebab kabar mahalnya biaya servis ini juga berdampak pada semua jenis tv yang tergolong LED. Padahal, sebagai seorang tukang servis, saya belum pernah mendapatkan perbedaan harga spare part antara tv tabung biasa dengan tv led ini. Memang tidak bisa kita pungkiri bahwa salah satu komponen dari tv led polytron ini memiliki harga yang sangat fantastis yaitu panel LED nya, dimana harga panel ini kurang lebih 90% dari harga tv itu sendiri. Namun mengenai tv led polytron mati total, tentu saja kerusakannya bukan pada bagian panel melainkan power suplay atau kemungkinan juga mother board tv led polytron itu sendiri.

cara cepat servis tv led polytron mati total
Pada artikel ini saya akan berbagi pengalaman tentang tv led polytron mati total yang sudah saya selesaikan dimana kerusakan tv led polytron mati total ini terletak pada bagian power suplay nya yang tentu saja biaya servisnya tidak semahal kabar yang beredar. Adapun tipe tv led polytron mati total tersebut adalah PLD32D710, yang mana keterangan dari pemilik tv ini adalah ketika sedang nonton, terdengar suara ledukan dan keluar asap dari dalam tv dan seketika itupun tv led polytron langsung mati total. Awalnya pemilik tv tidak mau menyervisnya mengingat biaya yang sangat mahal kata beliau menegaskan, namun ketika beliau menanyakan kisaran biaya kepada saya yang secara kebetulan saat itu hujan lebat, karena saya membonceng sebuah tv, jadi saya berteduh di sebuah toko. Kamipun bercakap cakap sambil menunggu hujan reda hingga pembicaraan tertuju pada profesi saya sebagai seorang tukang servis. Pemilik tv led polytron mati total itu bertanya biaya dan saya menjawab tergantung pergantian komponen, jika komponen yang diganti harganya mahal, tentu saja biaya akan mahal demikian pula sebaliknya. Cerita pemilik tv led polytron mati total berlanjut dengan tv nya tersebut, hingga saya menyarankan langsung ke rumah dan tunggu hasil pengecekannya, jika sanggup dengan biaya, maka tv led polytron mati total akan saya kerjakan, namun bila tidak sanggup dengan biaya maka tv led polytron mati total nya, bisa langsung dibawa pulang sesuai kondisi awal.

Wajib Baca :


cara cepat servis tv led polytron mati total
Singkat cerita, tv led polytron mati total itupun kini sudah ada di meja kerja dan ketika saya bongkar, saya mendapati sebuah kapasitor pada rangkaian primer yang pecah dimana kode pada kapasitor tersebut adalah 121pf. Saya kemudian melakukan pengecekan pada komponen lain seperti fet, dioda, elco, fuse dan lain lain. Dari hasil pengecekan komponen, saya juga mendapati dua buah dioda yang short dengan kode IN5399 dan fuse yang putus. dan pergantian komponen langsung saya lakukan namun karena saat itu saya tidak memiliki stok kapasitor 121pf, maka saya menggantinya dengan kapasitor dengan kode 150pf, demikian pula untuk fuse tv led polytron mati total yang berbetuk kotak, saya tidak ada stok, maka saya ganti menggunakan fuse yang biasa. Setelah pergantian komponen komponen yang rusak, tv led polytron mati total tersebut langsung hidup normal. Namun mengingat kondisi komponen pengganti yang berbeda, maka saya menyarankan pada pemilik tv led polytron mati total tersebut untuk menunggu beberapa jam lagi sambil kita coba menghidupkannya dengan tenggang waktu yang lebih lama dan hingga beberapa jam uji coba, tak ada sedikitpun tanda tanda kerusakan yang ditimbulkan sehingga saya memutuskan untuk memasang kembali penutup belakang dari tv led polytron mati total yang saat ini sudah selesai dikerjakan. Namun, Seperti biasa, untuk memperjelas komponen komponen yang saya maksud, maka saya sajikan dalam bentuk gambar, dengan demikian saya harapkan dengan gambar tersebut, para pembaca tulisan ini bisa lebih kuat pemahamannya tentang penjelasan dari artikel yang saya tulis ini.

Demikianlah pengalaman saya tentang tv led polytron mati total yang dapat saya shareingkan. Semoga tulisan ini dapat mempermudah rekan rekan tuser dalam mengerjakan tugas sebagai penjual jasa servis. Namun ingat, biaya jangan terlalu mahal, biar sedikit asal berkah. Sekian dulu dan salam tv led polytron mati total........

No comments: