Sunday 27 January 2019

Tehnik Refarasi TV Polytron Layar Melengkung

Berbagai macam trik dan tehnik refarasi tv polytron layar melengkung yang diterapkan oleh seorang penjual jasa servis. Dari masing masing tehnis menghasilkan tv normal seperti biasa, akan tetapi yang membedakan antara tehnis tehnis ini adalah tingkat ketahanan, dikarenakan beda penyelesaian, maka beda pula tingkat ketahanan. diantara tehins yang pernah saya aplikasikan dalam menangani kerusakan tv polytron layar melengkung ini, ada satu tehnis yang bertahan lama bahkan tv polytron layar melengkung yang beberapa tahun lalu pernah saya servis, masih bisa bertahan hingga saat ini. informasi ini saya dapat dari pelanggan yang dulu pernah datang membawa tv nya yang mengalami kerusakan layar melengkung ini dan setelah beberapa tahun lamanya dia datang kembali membawa servisan tv dengan merek yang berbeda, akan tetapi saya tidak akan memberitahukan merek tv yang dibawanya kali ini sebab menjaga kode etik jurnalistik,,,, ikut gayanya Ustadz Abdul Somad ah sedikit aja,,, he...hee.
tv yang dibawanya kali ini terlihat masih mulus dan stiker masih nempel yang menandakan tv ini tidak terlalu lama digunakan, akan tetapi kondisinya sudah mati total dimana tutorialn selengkapnya tentang tv ini bisa dibaca dengan klik disini.

Ternyata memang benar, setelah saya tanyakan kepada pemiliknya, tv ini baru dibeli beberapa bulan yang lalu tapi sekarang sudah mati total. lalu kemudian saya menanyakan tentang tv polytron layar melengkung yang dulu pernah diservis, dan jawabanya "Alhamdulillah,,, tv itu masih normal sampai sekarang bahkan tv itu saya taruh di ruang tamu sebab meski tv jadul, namun gambar dan kualitas suaranya sangat memuaskan, sehingga saya dengan percaya diri memajang tv polyton layar melengkung yang dulu pernah saya servis disini" begitulah jawaban yang sangat menyenangkan hati saya sebab naluri seorang tukang servis adalah memuaskan pelanggan. Jika anda penasaran dengan tehnis yang saya terapkan pada tv tersebut, maka jangan sampai anda membaca setengah setengah artikel saya ini sebab, pemahaman yang baik didapat dari proses pemahaman yang kita lalui dimana proses tersebut adalah membaca sampai tuntas dan membaca berulang ulang.

Sebelum memulai mempraktikkan tulisan ini, maka terlebih dahulu anda bedakan kerusakan tv polytron layar menyempit dan kerusakan tv polytron layar melengkung. penjelasan yang dapat saya berikan tentang kerusakan dari kedua macam kerusakan layar di atas adala bila layar menyempit biasanya layar hanya berukuran kurang lebih 5cm di tengah, artinya tidak bisa terbuka ke atas dan ke bawah, yang menandakan kerusakan pada rangkaian vertikalnya. sedangkan kerusakan tv polytron layar melengkung, tentu saja bisa dikatakan layar menyempit, akan tetapi tidak bisa melebar ke samping kiri dan kanan, bakan pada bagian tengah layar, ada lengkungan kurang lebih seperempat lingkaran yang menandakan ini terjadi kerusakan pada rangkaian horizontal. 

Jika kedua jenis kerusakan tersebut sudah difahami, maka anda tidak akan bingung dalam me refarasi kerusakan ini sebab sudah bisa dipastikan bagian yang harus dikerjakan hanyala yang terkait dengan rangkaian horizontalnya saja.

Lanjut ke tehnis refarasi yang saya lakukan dimana saya mengamati komponen komponen yang berada pada rangkaian horizontal. pada rangkaian ini saya mendapati satu buah elco 50volt/22uf berada dalam keadaan kembung, dan langsung saya ganti menggunakan elco yang baru. Akan tetapi setelah pergantian elco 50volt/22uf ini, saya tidak serta merta langsung menghidupkan tv melainkan saya meneliti penyebab elco ini kembung. jadi bila kita urutkan, maka kita dapat memberikan kesimpulan sementara seperti :

tv polytron


"kerusakan tv polytron layar melengkung disebabkan oleh elco 50volt/22uf yang lemah, putus atau ahkan meledak, lalu yang menyebabkan elco ini kembung apa??????"
nah,,, langkah selanjutnya setelah pergantian elco adalah mencari penyebab elco ini kembung, alhasil saya menemukan sebuah transistor driver horizontal yang short yaitu D313. saat melakukan pengecekan pada transistor ini, jarum multimeter saya terus bergerak hingga full meski telah dibolak balik probe merah dan hitam multimeter saya, jadi bisa dipstikan D313 ini dalam keadaan mampussssss pus pus, lalu saya ganti transistor ini dengan transistor cabutan dari mesin lain sebab stok baru untuk transistor ini lagi ZONK, setelah transistor terpasang, tv dihidupkan dan cliiiiing.... gambar tv tidak melengkung lagi tapi pas sesuai pesanan,, he...heee, makanan kale pake pesanan segala.

Artikel Populer :
Demikianlah tehnis saya dalam merefarasi tv polytron layar melengkung yang dapat saya sharingkan kali ini dengan kesimpulan mengganti elco 50volt/22uf yang kembung dengan menemukan dan menyelesaikan juga apa yang menyebabkan elco ini kembung yaitu D313. semoga tulisan tentang tehnis refarasi tv polytron layar melengkung ini bermanfaat.

No comments: