Saturday 26 January 2019

Cara Mudah dan Murah servis TV Led polytron Layar Gelap Suara Ada

TV Led Polytron Layar Gelap Suara ada biasanya disebabkan oleh backlight yang mati, oleh sebab itu sebelum mengerjakan tv led polytron layar gelap suara ada yang sekarang masih menunggu di meja kerja, saya menulis artikelnya terlebih dahulu sebab dari sekian banyak tv dengan keluhan layar gelap suara ada  yang masuk ke ruang servis saya, cara servis atau pergantian komponennya tetap sama yaitu backlightnya saja, nah bagaimana dengan tv led polytron kali ini? apakah pergantiannya sama dengan yang sudah sudah, ataukah berbeda oleh sebab itu untuk mengetahui kerusakan dan penyelesaian tv led polytron layar gelap suara ada ini, saya tentunya harus menjeda penulisan artikel ini lalu mengerjakannya dan akan melanjutkan penulisannya nanti setelah penyelesaian tv led polytron layar gelap suara ada ini. to be continued...

TV Led polytron Layar Gelap Suara Ada


Setelah beberapa jam saya mengerjakan  tv led polytron layar gelap suara ada yang tadi di awal paragraph saya utarakan, maka kini selesai sudah pengerjaannya dengan hasil yang sangat memuaskan sebab tampilan dari  tv led polytron layar gelap suara ada ini, sekarang lebih cerah dan lebih tajam sebab beberapa led yang terpasang di backlight sudah tergantikan yang baru. dan sekarang saatnya saya ceritakan proses yang saya lalui dalam menangani tv led polytron layar gelap suara ada dimana tentu di awal saya mulai dengan bismillah dengan harapan mendapatkan berkah dari apa yang saya kerjakan lalui saya mulai membuka semua bautnya dan menghiraukan power suply dan mother board dari tv ini sebab kerusakan sudah dipastikan pada backlightnya.

Artikel Lainnya :

Saya lupa menceritakan bahwa ketika saya mencoba menghidupkan tv led polytron layar gelap suara ada ini dengan mencolokkan kabel antena sehingga keluar chanel yang menandakan tv telah hidup normal dimana tadi yang saya lupa ceritakan kalau saya mencoba memberikan cahaya ke ara panel tv guna untuk menerawang gambar atau siaran yang sedang berlangsung dan saat cahaya melewati panel, ada terlihat gambar meski tidak terlalu jelas. hal ini menembah keyakinan saya sebagai seorang tukang servis untuk fokus pada baclight saja. Setelah semua baut terbuka dan baclight sudak terbongkar, ternyata saya memelihat beberapa lampu yang gosong sehingga saya langsung membuangnya. Selain itu saya juga melakukan pengecekan pada lampu backlight yang lain dan hasilnya ada tiga buah lampu yang mengeluarkan cahaya yang sudah melemah atau reduup.

Tanpa basa basi saya langsung mengambil backligt dan mengganti lampu yang mati sekalian yang lemah tadi. untuk diketahui bahwa di toko elektronik biasa menjual lampu backlight satu set yang terpasang pada sebuah plat pcb dan terpasang beberapa led di dalamnya. dan untuk menghemat biaya, saya biasa mengganti led yang mati dan sudah redup saja, maksudnya saya tidak melakukan pergantian backlight satu set memelainkan hanya beberapa lampu saja dengan memindahkan lampu pada backlight yang baru ke backlight yang lama.
Cara ini, selain menghemat biaya, namun juga memberikan dampak positif yang luar biasa pada ketahanan lampu baru, sebab lampu yang baru tentu kualitasnya tidak akan menandingi lampu bawaan asli dari tv led polytron layar gelap suara ada ini. jadi bila berhasil, maka kita tidak perlu khawatir akan ketahnan lampu led yang baru sebab telah bergandengan dengan lampu led yang original bawaan dari pabriknya.

Setelah proses pemasangan lampu led yang baru telah selesai, saya kembali memasang penutup belakang dan seperti yang saya katakan tadi, tv led polytron layar gelap suara ada kini telah normal dengan pencahayaan yang lebih cerah dan tampilan gambar yang lebih tajam. Hasil yang cerah dan tajam ini menurut saya berasal dari pergantian tiga buah lampu led yang memiliki cahaya redup tadi, oleh sebab itu saya memberikan judul untuk artikel ini dengan cara mudah dan murah servis tv led polytron layar gelap suara ada sebab hanya mengganti beberapa buah lampu led pada backlightnya saja dan sisa lampu led dari backlight yang baru, dapat kita manfaatkan di kemudian hari.

Itulah cerita pengalaman saya tentang Cara Mudah dan Murah servis  TV Led polytron Layar Gelap Suara Ada yang dapat saya sharingkan kali ini semoga bermanfaat.

No comments: