Thursday 2 May 2019

Jangan Terkecoh Servis TV Polytron Mati Total Bunyi Cit

TV Polytron mati total bunyi cit,,,. Mendengar ini saja, dalam bayangan seorang tukang servis senior sudah tentu tertuju pada rangkaian horizontal, entah itu transistor horizontal, playback, atau bahkan elco 115volt yang menyuplay b+ pada pin playback. Akan tetapi pengalaman saya kali ini menangani  tv polytron mati total bunyi cit, sama sekali tidak ada hubungannya dengan rangkaian horizontal sehingga ketika saya mengerjakan tv polytron mati total bunyi cit ini lumayan membuat saya bingung, sebab di awal saya sudah terkecoh dengan tertuju pada rangkaian horizontal dari tv polytron mati total bunyi cit ini.

cara servis Servis TV Polytron Mati Total
Sebelum saya menjelaskan langkah langkah yang saya lalui dalam menangani tv polytron mati total bunyi cit ini, saya akan menceritakan kondisi awal ketika tv polytron mati total bunyi cit ini masuk ke ruang kerja saya, yang mene kondisi bagian dalam dari ini sudah tidak sempurna lagi. Adapun kejanggalan yang saya temui antara lain : Mospet dari tv polytron mati total bunyi cit suda tidak ada lagi, lalu kabel kabel konektor semua sudah terlepas dan banyak sekali bekas solder ulang yang saya temui khususnya persis seperti yang saya katakan di awal yaitu pada rangkaian horizontalnya. Kondisi yang demikian membuat saya menyimpulkan bahwa tv polytron mati total bunyi cit ini sebelumnya sudah dibawa ke tukang servis lainnya, namun sang tukang servis menyerah sebab kebiasaan rusak seperti ini ternyata berbeda dengan kondisi tv polytron mati total bunyi cit yang pada tulisan ini kita bahas.

Lihat Artikel Lainnya :



Melihat kondisi yang demikian membuat saya memutuskan untuk tidak memngerjakan bagian horizontal melainkan saya awali pengerjaan tv polytron mati total bunyi cit mini dengan memasangkan sebuah mospet 7N65C. Lalu kemudian mencoba menghubungkan tv ke PLN dan menekan tombol power. Untuk sementara tv polytron mati total bunyi cit ini memberikan sebuah tanda dengan suara berdering seperti suara jangkrik yang semakin lama semakin keras ter dengar suaranya. Saya melakukan pengecekan tegangan semua titik normal kecuali tegangan 115 volt yang berkisar hanya 110 volt.

cara servis tv polytron mati stanby
Dugaan kembali tertuju pada rangkaian horizontal, sebab saya perhatikan kabel untuk pin G2 dari playback kondisi solderannya masih original, sehingga saya berfikir playbacknya yang rusak sehingga saya mencoba mengganti playbac dengan yang baru, namun hasilnya pun nol koma kosong. Mengalami hal demikian, saya coba kembali lagi menghidupkan tv sambil fokus pada sumber suara berderik yang mana suara tersebut bersumber dari trafo ferit pada rangkaian primer yang menjadi jembatan ke rangkaian skunder. Lalu saya memutuskan menganti trafo ferit tersebut dan juga mengganti beberapa komponen seperti zener, resistor yang berada di atas, dan sepertinya telah dipindah oleh tukang servis sebelumnya, alhasil tv polytron mati total bunyi cit masih tetap seperti semula.

Saya coba cek optokopler, namun kondisi semua masih bagus, akan tetapi iseng iseng saya menganti optokopler tersebut dengan maksud memperbaharui semua komponen penting pada rangkaian primer dan ternyata hasilnya sungguh mengagetkan sebab ketika saya mencoba menghidupkan kembali tv polytron mati total bunyi cit ini,,,,,,, duuuaaaaaaar....... tv hidup normal meski hanya terlihan sebuah tulisan yang berbunyi POLYTRON, waduuuuuh, apalagi sih????  Dengan hati sedikit kesal, saya membalikkan mesin tv polytron mati total bunyi cit ini dan ternyata saya lupa bahwa saya lupa mencolokkan antenanya, dan setelah antena tersambung, tentu saja tv polytron mati total bunyi cit, kini normal, sehat wal afiat dan tidak kurang satu apapun.

cara servis tv polytron protek

Naaah demikianlah sekelumit pengalaman yang saya bagikan pada kesempatan kali ini mengenai tv polytron mati total bunyi cit. Semoga pengalaman saya ini dapat membantu rekan rekan seperjuangan dalam menangani tv polytron mati total khususnya tv polytron mati total bunyi cit. Sekian dulu dan sukses selalu buat kita semua aamiin.

No comments: