Friday 25 January 2019

Mengatasi TV Polytron Horizontal Jebol Terus

TV Polytron Horizontal Jebol Terus, biasa dan sering kita jumpai pada tv polytron u slim dan flat. Meski kadang kerusakan ini terjadi juga pada tv polytron tabung biasa atau yang menggunakan tabung cembung, akan tetapi bila kita hitung persentase kerusakan tv polytron horizontal jebol terus ini sekitar 25% dialami tv tabung biasa dan 75% nya adalah untuk slim dan flat. Kerusakan ini biasanya disebabkan oleh capasitor milar berkapasitas besar yang beroperasi khusus pada bagian bagian dengan tegangan tinggi. bagian bagian tyang bekerja dengan tegangan tinggi ini biasanya berada di sekitar rangkaian horizontal dimana pada trangkaian ini banyak terdapat kapasitor milar berkapasitas tinggi terlebih bila tv polytron u slim ataupun flat. kapasitas yang dibebankan pada kapasitor milar ini biasanya disesuaikan dengan besar tabung tv, bila tabung tv 14", maka nilai kapasitornya akan lebih kecil dibandingkan dengan nilai kapasitor milar yang terpasang pada tv polytron layar 21". Putusnya atau shortnya kapasitor ini biasanya akan menyebabkan tv horizontal jebol terus.

Baca Juga :

POLYTRON HORIZONTAL JEBOL TERUSC801 adalah kode pcb untuk kapasitor milar pada tv polytron yang posisi pemasangannya tidak jauh adri playback dan transistor horizontal. c801 dengan nilai 304J 400volt yang terpasang pada tv polytron u slim 21", nilai ini akan berubah bila pada tv polytron 14" namun untuk kode pcb nya tetap sama. Memang tidak mudah untuk mengetahui kondisi kapasitor ini sebab bila kita melakukan pengecekan menggunakan multimeter analog, pergerakan jarum yang ditunjukkan oleh kapasitor milar ini sangat sedikit dan bergerak cepat sehingga membutuhkan konsentrasi serta kejelian yang bagus. banyak sekali rekan rekan teknisi yang terkecoh dalam melakukan pengecekan trensistor ini yang memberikan efek pengalihan perhatian dalam perbaikan. Peralihan perhatian yang saya meksud adalah prediksi kerusakan yang awalnya tertuju pada apasitor c801 ini ke arah kerusakan komponen lain sehingga rekan teknisi memutuskan untuk mengobrak abrik bagian lainnya yang berhubungan dengan transistor horizontal jebol terus. dan biasanya juga peralihan ini akan tertuju pada kumparan defleksi.

Untuk mengetahui cara pengecekan yang baik dan benar pada kapasitor c801 menggunakan multitester adalah denga meletakkan jarum pada posisi atau skala X10K, lalu kedua kaki kapasitor ini kita hubungkan dengan probe merah dan hitam multitester. Perhatikan dengan baik pergerakan jarum multitester, bila pergerakan jarumnya hanya sebentar saja kemudian kembali lagi ke posisi awal, bila pengukuran ini anda dapati, maka bisa dipastikan kapasitor milar dalam kondisi baik, namun bila jarum multimeter diam berarti putus, dan jika bergerak full, maka ini menandakan kapasitor short atau konslet karena terjadi hubungan singkat pada kumparan yang terdapat didalam kapasitor den tentu saja hal ini membuat tv polytron horizontal jebol terus. Sering sekali saya jumpai rekan rekan teknisi yang sedang mengukur kapasitor berkapasitas tinggi menggunakan skala ohm meter, sehingga pergerakan jarum tidak terlihat, yang akhirnya menimbulkan terkaan terkaan, ada yang mengatakan kapasitor baik baik saja namun ada pula yang mengatakan kapasitor putus. Namun apapun penilaian mereka, kita harus tetap menghargai itu semua, terlebih sesama rekan seperjuangan.

Mengenai cara Mengatasi TV Polytron Horizontal Jebol Terus, menurut saya adalah : apabila kita kurang memahami tentang pengukuran atau pengecekan kapasitor ini, maka lebih baik langsung aja melakukan pergantian denga kapasitor yang baru dan tentunya dengan nomor yang sama. hal ini dapat mengurangi resiko kerugian sebab akan meminimalisisr kemungkintan transistor horizontal jebol terus. Selain itu kemungkinan merembetnya kerusakan ke komponen lain juga akan terhindari Jadi jangan tanggung tanggung, langsung aja diganti c801 ini dengan yang baru.

  • untuk kerusakan  TV Polytron Horizontal Jebol Terus, cara mengatasinya adalah dengan mengganti kapasitor milar c801 dengan yang baru
  • Bila melakukan pengukuran pada kapasitor ini, maka posisikan multitester pada posisi X10K guna mendapat respon pergerakan jarum om meter lebih tinggi sehingga mudah terlihat pergerakannya
  • fokuskan perbaikan pada rangkaian horizontal.
Demikianlah informasi yang dapat saya berikan tentang cara Mengatasi TV Polytron Horizontal Jebol Terus, semoga informasi ini bemanfaat.

No comments: