Monday 6 May 2019

Cara Menangani Tv Polytron Mati Stanby Lampu Indikator Berkedip

Tv polytron mati standby lampu indikator berkedip bukanlah hal yang sulit untuk di selesaikan karena sesungguhnya keluhan semacam ini tidak serta merta di sebabkan oleh kerusakan komponen yang mengharuskan seorang tehnisi untuk melakukan pergantian komponen, apalagi yang namanya tv polytron yang terkenal sangat sensitif dalam pergantian dari komponen pendukungnya. kata sensitiv untu tv polytron saya maksudkan adalah dimana tv polytron ini bila kita melakukan pergantian sebuah komponen pendukungnya, maka kita harus rela berkorban dengan membeli komponen yang asli dan tentunya hal ini menandakan tv ini meminta isi dompet yang agak lumayan. namun mau tidak mau, akhirnya kita beli juga sebab keutuhan dan demi memberikan pelayanan terbak kepada konsumen. seperti halnya saat saya melakukan perbaikan pada tv polytron mati standby lampu indikator berkedip ini, dimana saya harus banyak mengeluarkan timah solderan untuk menyolder ulang semua titik yang terlihat kurang rekat atau mulai retak.

tv polytron mati standby

Memang sih pada saat saya mengerjakan tv polytron mati standby lampu indikator berkedip ini, saya tidak melakukan pergantian komponen, namun hany menyolder ulang bagian horizontal yang posisi tepatnya pada rangkaian step up horizontal, dimana pada rangkaian ini terdiri dari sebuah trafo ferit step up, transistor, dan sebuah resistor pembatas. setelah saya melakukan solder ulang pada bagian tersebut, lalu kemudian menghidupakn tv polytron mati standby lampu indikator berkedip tersebut, maka tv pun hidup normal kembali setelah beberapa bulan tidak dihidupkan oleh pemiliknya. Apakah denga menyolder bagian tersebut, lalu saya menyelesaikan pengerjaan tv polytron mati standby lampu indikator berkedip terbut,?? 

Lihat Juga :


Dari pertanyaan di atas, saya jawab tidak sama sekali, sebab setelah tv polytron mati standby lampu indikator berkedip itu hidup normal, dan saya melakukan percobaan untuk beberapa jam, bahkan setelah percobaanpun tv polytron mati standby lampu indikator berkedip tidak menandakan kerusakan sedikitpun. akan tetapi demi pelayanan yang memuaskan bagi para pelanggan, maka saya membalikan kembali pc dari tv polytron mati standby lampu indikator berkedip tersebut dan melakukan solder ulang secara merata di bagian bagian yang terlihat kendor, retak bahkan hampir lepas. dan bukan sampai situ saja, sebab saya membersihkan pcb menggunakan tiner A Spesial untuk memastikan bahwa tidak ada lagi solderan yang kendor.

Kedua kebiasaan di atas selalu saya lakukan pada setiap kali saya melakukan servis elektronik. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir terjani kerusakan ulang pada pasien pasien saya yang menurut pribadi saya akan menimbulkan kekecewaan pada pelanggan meskipun kita memberikan garansi selama 40 hari kedepan. Memang sih pelanggan tidak mengeluarkan biaya lagi bila barangnya rusak sebelum 40 hari, namun pelanggan yang mengalami hal tersebut akan mengeluarkan hal lain yang saya anggap merugikan juga bagi para pelanggan yaitu waktu, tenaga dan tentunya sedikit biaya bensin untuk mengantar kembali barangnya. Pertimbangan tersebutlah yang memotivasi saya untuk selalu melakukan solder ulang terhadap pasien pasien yang masuk ke meja kerja dan termasuklah tv polytron mati standby lampu indikator berkedip yang pada tulisan ini kita bahas.

tv polytron mati standby
Kesimpulan dari tulisan ini terkait cara menangani tv polytron mati standby lampu indikator berkedip adalah : lakuka resolder pada bagian step up dari rangkaian horizontal, dan jangan lupa juga untuk melakukan solder ulang kepada titik titik yang terlihat retak. jika anda ragu dengan titik yang retak, maka lakukan pembersihan dengan menggunakan kuas dan tiner A Spesial, karena dengan melakukan pembersihan ini, maka solderan solderan yang retak maupun yang masih kuat akan terlihat sangat jelas. tindakan ini tentu sangat membatu kita dalam menyelesaikan servisan kita.

Demikianlah tulisan saya kali ini tentang Cara Menangani Tv Polytron Mati Stanby Lampu Indikator Berkedip, semoga tulisan ini dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat luas hingga saya lebih giat lagi dalam berbagi ilmu seputar servis elektronik.

No comments: