Friday 25 January 2019

Langkah langkah Penyelesaian TV Mode AV Tidak Nampil

TV Mode AV Tidak Nampil, menandakan area input vidio tidak bekerja meskipun bila pada mode TV inputnya normal atau lebih jelasnya jika anda menonton acara siaran tv gambarnya normal akan tetapi bila menggunakan AV untuk konek tv ke DVD, Parabola dan lain lain yang berhubungan dengan AV, maka tidak akan menampilkan apapun melainkan hanya tulisan NO SIGNAL. jika koneksi kabel rca sudah terhubung dengan baik ke soket rca tetapi tv tetap tidak menampilkan gambar, maka ini menendakan kerusakan tv mode av tidak berfungsi sehingga memerlukan campur tangan spesialis di bidang elektronik atau yang kerap kita panggil tukang servis yang disingkat tuser. Kebanyakan pengguna tv atau pelanggan sering sekali kita temukan kalimat "tv saya tidak rusak, mungkin ada kabelnya yang putus." kalimat ini tidak asing lagi ditelinga saya sebagai tukang servis apalagi servisan yang datang seperti keluhan TV mode av tidak berfungsi ini. Hal yang wajar memang bila pengguna mengatakan hal demikian tersebut sebab yang mereka tahu hanyalah tv hidup adalah tv normal meskipun tak selamanya ungkapan itu benar, terbukti dengan kerusakan tv mode av tidak nampil ini. TV hidup tapi hanya bila pada mode av gambar tidak nampil yang berarti bahwa tv hidup tidak selamanya normal. Ketika seorang pelanggan yang datang lalu melontarkan kalimat tersebut, maka saya biasanya langsung menjawab, "oh iya pak???,, kalau emang kabelnya ada yang putus, bapak tunggu aja sebentar, saya buka tv nya, lalu bapak tunjukkan ke saya kabel mana yang putus, biar nanti saya sambungkan dan bapak bisa langsung bawa pulang tv nya" ketika ungkapan saya tersebut saya lontarkan, maka pelanggan seketika seperti orang bingung, gak tau harus menjawab apa karena sebenarnya kata ada kabel yang putus hanyalah kata terkaan yang mereka sendiri tidak tau apa sebenarnya yang terjadi pada tv nya sendiri hingga bila dipindah ke mode AV gambar tidak nampil.

tv polytron gambar tidak nampil

Kenapa saya mengemukakan hal di atas, ?? jadi alasannya adalah, mengingat kerusakan tv yang dianggap spele, terkadang membuat kita pusing dan proses penyelesaian membutuhkan waktu lama, terkadang kerusakan yang dikira spele sehingga diabaikan yang berakibat merembetnya kerusakan, yang berarti resiko besar bagi seorang tehnisi. Keadaan seperti inilah yang menyebabkan seringnya timbulnya gosip yang kurang sedap bagi seorang tehnisi, hingga sekian banyak rekan teknisi yang saya temukan, belum pernah ada satu tehnisi pun yang bersih dari gosip yang kurang sedap. Bukan keluhan parah seperti TV Mati Total yang menimbulkan gosip ini, akan tetapi keluhan yang terkesan sangat gampang yang menjadi sumber gosip seperti keluhan tv mode av tidak nampil ini. Naah,,, itu dalah sekelumit pengalaman sebagai seorang tukang servis, bukan maksud apa apa, melainkan ini sebagai sebuah suport bagi rekan rekan teknisi bahwa tak ada profesi yang tak memiliki tantangan jadi tetap semangaaaaat.

Kembali ke Langkah langkah Penyelesaian TV Mode AV Tidak Nampil dimana ada beberapa langkah langkah yang perlu kita lalui antara lain :

Bacar artikel lainnya :

a. Pastikan kabel rca dan soket rca telah terkoneksi dengan baik.
b. Sesuaikan posisi soket input dengan program av : Terkadang sebuah tv memiliki program atau            mode AV1, AV2,  sehingga "bila anda konek pada av 1, maka program av yang dipilih harus av 1      juga"
c. Bila setelah memilih mode av namun mode av tidak keluar atau tidak ada, maka ini erarti ic              eprom/ic memori yang rusak solusinya ganti dengan yang baru yang sudah terisi program data            sesuai dengan tv yang anda servis
d. Cek ic junggle, atau ic program kemudian cari letak pin av dengan mencari reverensi di internet        lalu telurusuri komponen penguat av, seperti elco, dioda zener, resistor dan transistor. cek satu            persatu dan bila ditemukan ada yang tidak beres, maka langsung aja diganti sebab mungkin ini            salah satu penyebab tv mode av tidak nampil

Bila anda bingung bagaimana cara mencari jalur av atau letak pin av, maka siapkan multitester lalu putar jarum ke arah buzer, dan probe hitam letakkan di groun kemudian mulai pengecekan jalur mulai dari soket rca dan telusuri hingga ic dengan menyentuhkan probe mera pada titik jalur, bila terdengar suara buzer berbunyi keras, maka urutkan terus hingga ketemu titik pin av.

itulah beberapa Langkah langkah Penyelesaian TV Mode AV Tidak Nampil yang mungkin bisa dijadikan referensi buat teman teman, semoga tulisan ini bermanfaat.




No comments: