Sunday 20 January 2019

Cara servis tv polytron tidak bisa start lampu indikator menyala

polytron mati stanby Tv polytron tidak bisa start namun lampu indikator menyala, saat tombol volume up pada panel di tekan, lamau indikator mati seakan akan memberikan tanda bahwa tv hidup tetapi kemudian lampu indikator menyala lagi pertanda tv kembali standby, bila kita tekan lagi volume maka akan seperti itu terus. Dari pengamatan sekilas di atas menandakan tv polytron mati standby tidak bisa start. Mengenai kerusakannya sementara ini saya memprediksi kerusakan pada rangkaian vertikal sebab ini menandakan tv terprotek yang kita tau kerusakan tv polytron protek selalu erat kaitannya dengan rangkaian vertikal. Akan tetapi tidak ingin berlarut larut dalam terka menerka, akhirnya saya memutuskan untuk langsung membongkar tv polytron tidak bisa start lampu indikator menyala ini. Setelah membongkar penutup belakang tv ini,  saya tercengang melihat jala dan debu yang menutupi seluruh bagian tv yang memaksa saya untuk membawa ke luar rumah untuk membersihkan jala dan debu setelah kondisi bersih tv pun dipersilahkan masuk ke meja kerja.
Kini saat nya melakukan pengecekan tegangan dengan menggunakan multitester digital karena angka pengukuran lebih akurat bila menggunakan multitester ini ketimbang menggunakan multitester analog biasa. Dan bila anda kebingungan bagaimana cara menggunakan multitester digital dengan baik dan benar, maka bisa anda baca tutorialnya disini.

Setelah melakukan pengecekan tegangan yang saya mulai dari titik tegangan b+ yang seharusnya terdapat tegangan sejumlah 115 volt, tetapi saya dapati tegangan hanya 60 volt saja. Lhoo... Kok cuma 60 volt sih? Seharusnya kan 115 volt,,, sisanya kemana? Yang nyuri siapa????,,,,,,  itulah guyonan guyonan kecil dalam hati untuk mengembalikan suasana menjadi tenang kembali, dan fikiran menjadi fresh,  hal ini perlu kita lakukan kawan sebab bila hati mumet, akan menjadikan fikiran ruet yang akan menjadikan kinerja kurang fokus dan ini dapat menjadikan tv bukan normal tapi malah makin modarrr.

Lanjut pengerjaan tv polytron tidak bisa start lampu indikator menyala dengan mencabut kaki kolektor transistor horizontal yang mana tv ini menggunakan transistor dengan nomor D5023 dan menambahkan lampu bohlam sebagai indikator saat melakukan pengecekan tegangan, selain itu pemasangan lampu bohlam ini juga sangat baik sekali kali sebab semua tegangan yang tersimpan akan habis terbuang ke lampu bohlam. Jadi selain aman untuk komponen komponen lain, pemasangan lampu bohlam ini juga aman untuk kita sebab akan menghindari kemungkinan kemungkinan kita terkena setrum. Saran saya slalu gunakan lampu bohlam setiap kali anda memperbaiki tv polytron tidak bisa start lampu indikator menyala atau tv polytron mati standby lampu indikator berkedip atau bila perlu semua kerusakan tv polytron dan merek merek lain.

Setelah lampu bohlam terpasang, dengan ketentuan titik positif lampu saya solder ke kaki kolektor transistor horizontal dan titik negatif saya solder ke bagian ground, sambil iseng iseng menyolder bagian horizontal yang terlihat retak, sebab saya perhatikan banyak sekali kaki kaki elco,dioda, kapasitor pada bagian horizontal yang retak, semua titik ini saya perbaiki kembali solderannya sebelum memulai pengecekan ulang tegangan untuk ke dua kalinya setelah di awal tadi pernah saya lakukan. Dan setelah penyolderan ulang pada rangkaian horizontal ini saya rasa cukup,  maka mulailah pengecekan tegangan dimulai dengan menyambungkan arus PLN, akan tetapi saat tombol saya on kan, saya melihat lampu bohlam menyala redup menandakan tegangan 115 volt untuk b+ telah tersuplay dengan baik. Akan tetapi untuk mematikannya, saya tetap melakukan pengecekan tegangan pada titik b+ ini dan benar saja, tegangan yang tadinya hanya terdapat 60 volt kini telah bertambah menjadi 115 volt sesuai tegangan yang dibutuhkan titik b + ini. Akhirnya perasaan mulai senang ditambah penasaran apakah tv akan normal atau masih standby sperti gejala awal, dan untuk mengujinya tentu saya harus memasang kembali transistor horizontal yang tadi saya cabut. setelah terpasang dan tv saya on kan dan akhirnya tv polytron tidak bisa start lampu indikator menyala tadi hidup normal meski ada beberapa keluhan pada gambar yang kurang jelas dan ada garis buku di bagian atas.

Penyelesaian gambar yang kurang terang saya selesaikan dengan menyolder ulang bagian tuner sedangkan mengenai garis garis buku di bagian atas, ini memerlukan pergantian komponen yang serius sehingga untuk penyelesaian tv polytron gambar garis garis buku, dapat anda baca tutorial penyelesaiannya disini.

Ingat Baca Juga :

Kesimpulan dari seluruh proses penyelesaian tv polytron tidak bisa start lampu indikator menyala adalah melakukan solder ulang pada seluruh bagian dari rangkaian horizontal yang terlihat retak, demikian pula pada rangkaian penguat sinyal yaitu rangkaian pada tuner. Hal ini dilakukan karena gambar yang kurang jelas dampak dari kinerja rangkaian penguat sinyal yang belum maksimal. Perbaikan pada bagian vertikal juga dilakukan melihat adanya garis garis buku di bagian atas layar yang penanganan nya sudah saya sharingkan pada tulisan sebelumnya namun untuk mempercepat anda menemukan artikel nya silahkan klik disini.

Demikianlah tulisan tentang tv polytron tidak bisa start lampu indikator menyala ini semoga bisa mempermudah seluruh pembaca dalam menangani kasus tv polytron tidak bisa start lampu indikator menyala

No comments: