Saturday 19 January 2019

Cara Penyelesaian TV Polytron Mati Stanby Lampu Indikator Berkedip

TV Polytron Stanby Lampu Indikator berkedip dan ada suara berderik seperti suara jangkrik pada rangkaian primer yang menandakan ada sesuatu yang tidak beres pada tv polytron yang sedang saya tangani ini. adanya suara berderik pada rangkaian primer ini tidak bisa menjadi tolak ukur kita untuk memprediksi kerusakan tv polytron standby lampu indikator berkedip ini, sebab bisa jadi rangkaian primer ini mengeluarkan suara berderik dikarenakan ada beban berat yang berasal dari rangkaian skundernya yang tidak bisa dipikul oleh rangkaian primer ini sehingga ia memberikan sinyal atau pertanda dengan mengeluarkan suara berderik. Untuk langkah awal mengerjakan tv dengan keluhan ini, tentunya kita terlebih dahulu melakukan pengecekan tegangan disemua titik tegangan. Setelah melakukan pengecekan tegangan, saya mendapati beberapa titik tegangan yang ndut ndutan atau tegangan yang turun naik yang ditandai dengan indikator jarum multimeter yang saya gunakan. dari hasil pengecekan tegangan tersebut dapat kita simpulkan bahwa penyebab tv polytron stanby lampu indikator berkedip adalah asupan tegangan yang tidak normal yang diterma oleh beberapa rangkaian tv ini. 
Diantara tegangan tegangan yang turun naik tersebut terdapat pada titik tegangan 24 volt untuk rangkaian vertikal, 115 vol untuk tegangan B+, tegangan 180 volt untuk rangkaian out vidio, sementara untuk tegangan lain seperti tegangan 5 volt dan 8 volt untuk ic mikom terukur normal, demikian pula tegangan 33 volt untuk ke tuner terukur normal. 

Baca Juga :


Setelah melakukan pengecekan tegangan dengan hasil tersebut di atas, maka lanjut dengan melakukan pengecekan komponen yang kiranya menjadi penyebab tv polytron stanby lampu indikator berkedip ini. Hasil dari pengecekan ini saya mendapati sebuah komponen yaitu ic 702 berbentuk transistor dimana ic ini mengalami short. kemudian ic ini saya ganti lalu saya mencoba menghidupkan tv kembali namun tv masih belum bisa menyala dan masih memperlihatkan kondisi seperti kondisi awal dimana tv polytron ini masih standby dengan lampu indikator berkedip, akan tetapi saat saya melakukan pengecekan ulang pada tegangan pada titik titik yang mengalami tegangan turun naik tadi, kini berubah menjadi getaran. Jarum multitester saya terlihat seperti bergetar hingga menyebabkan saya tidak bisa memprediksi berapa tegangan yang dikeluarkan saat ini.

tv polytron mati stanby, tv polytron protek, tv polytron mati stanby lampu indikator berkedip, tv gambar goyang

Saat memutuskan tegangan ke listrik PLN, dengan lekas saya meraba beberapa komponen yang kiranya panas dan ternyata transistor horizontal terasa sangat panas, demikian juga resistor tegangan untuk B+ yaitu R815 yang terasa sangat panas. Saya memutuskan untuk mencabut resistor salah satu kaki resistor ini yang terhubung ke kaki playbac sebab mungkin shortnya resistor R815 ini bisa menjadi penyebab tv polytron mati stanby lampu indikator berkedip. Akan tetapi, belum sempat saya melakukan pengecekan tegangan setelah tv polytron ini saya hubungkan ke listrik, terdengar suara desis lembut seperti suara hidupnya sebuah tv. Keadaan ini meyakinkan saya bahwa penyebab kerusakan tv polytron mati stanby lampu indikator berkedip bukanlah R815 yang short apalagi putus melainkan tv polytron mati stanby lampu indikator berkedip ini terjadi shortnya playback bila diberi tegangan 115, dan saya pun memutuskan untuk mengganti playback tv ini.

Berhubung tempat saya jauh dari toko sparepart, maka saya mencoba mencari playbac bekas dengan nomor yang sama sebab saya ingat bahwa dulu saya pernah membeli sebuah tv yang hancur akibat KDRT yang PCB nya sudah terpecah belah namun masih ada beberapa komponen yang bisa saya manfaatkan. Setelah beberapa jam membongkar simpanan mesin tv bekas, akhirnya mesin buruan pun ditemukan dan langsung saja playbacknya saya cabut lalu kemudian dipasang pada tv polytron mati stanby lampu indikator berkedip yang masih nongkrong di meja kerja. setelah terpasang tv pun dihidupkan dan byaaaaaaaaarrrrrr,,,, tv pun hidup dan lampu indikator tidak berkedip lagi.

akan tetapi setelah saya melihat ke layar tv, kok gambarnya buram seperti kurang fokus gituuuu, kurang ceraaaaah,,, hadeeeeewwhhhh, ada ada aja tv ini. Akan tetapi saya tetap bersyukur sebab keluhan tv polytron mati stanby lampu indikator berkedip telah terselesaikan, saya coba colokkan antena, gambar dan suarapun keluar, menambah kesenagan hati saya dan sekarang hanya membutuhkan sedikit kesabaran dan ketelatenan untuk menyelesaikan tv polytron mati stanby lampu indikator berkedip ini yaitu dengan meng adjust screen dan focus yang terdapat pada body plyback. Kurang dari 10 menit meng adjust screen dan fokusnya, tv pun tampak normal, gambar tajam dan cerah bak tv baru keluar dari pabrik.

pengerjaan tv polytron mati stanby lampu indikator berkedip pun rampung sudah dengan mengganti ic 702 dan playback yang dilanjutkan dengan adjust scren dan fokus. demikianlah pengalaman saya tentang menangani tv polytron mati stanby lampu indikator berkedip, semoga memberikan manfaat.

No comments: