Tuesday 8 January 2019

Solusi TV Polytron Mati Total

Tv polytron mati total kali ini hadir di ruang kerja saya, kebetulan saat tv polytron mati total ini di antar ke rumah, saya bertemu langsung dengan tuannya, sehingga saya menyempatkan diri untuk ngobrol dan mengintrogasi sang tuan tv polytron mati total. Tujuan dari introgasi ini adalah agar memudahkan saya dalam mendiagnosis kerusakan dari tv polytron mati total ini. yang sangat menyenangkan hati adalah ketika sang tuan tv menceritakan kronologi kerusakan tv peliharaannya, dimana awal mula kerusakan tv ini adalah ketika sedang ditonton, terdengar suara ledakan halus, daaaaaaaak.... dan seketika tv polytron ini berubah wajah, dimana sebelum terjadi ledakan tersebut, wajah tv polytron terlihat saat ceia karena tengah menyiarkan acara dangdut akademi asia, yang sangat akrab dengan goyangan goyangan aduhai. akan tetapi setelah terjadi ledakan, wajah tv polytron ini berubah menjadi satu garis mendatar saja, yang menandakan kerusakan tv polytron bagian vertikal. Tanpa berfikir panjang sang tuan langsung menghubungi dokter elektronik yang kebetulan dekat dari rumahnya, tv polytron mati total pun langsung dieksekusi sang dokter tv. Tak lama tv pun kembali berwajah ceria dan ukuran dompet pun kini semakin mengecil sebab sang tuan tv polytron mati total harus membayar biaya servis.

tv polytron garis vertikal


sang tuan tv polytron mati total berfikir bahwa peliharaannya kini akan normal seterusnya sebab komponen yang rusak telah diganti baru, namun ternyata dugaannya itu salah, sebab tiga hari berselang, tv kembali menunjukkan kondisi yang jauh lebih parah karena kini sang tv telah mati total. demikianlah keterangan yang saya lansir dari sang pemilik tv polytron mati total yang kini tengah terbaring lemah di meja kerja saya. mendengar kronologis kerusakan tv polytron mati total ini, sebagai seorang tehnisi, saya langsung menduga ke arah rangkaian vertikal sebab awal kerusakan tv ini menandakan kerusakan tv polytron bagian vertikal, yang kini mewabah hingga menyebabkan tv polytron mati total, dan saya pun langsung melakukan eksekusi diawali dengan membuka bok penutup belakang tv ini.

Betapa tercengangnya saya ketika melihat bagian dalam dari tv polytron mati total ini sebab ternyata didalamnya sudah tidak ori lagi karena mesin polytron mati total ini telah dipasangkan mesin tv china. keadaan ini menyebabkan dugaan saya tadi menjadi raib sebab tentu kerusakan tv polytron mati total dengan tv china mati total tentu saja memiliki perbedaan, namun apa mau dikata karena ini adalah konsekwensinya sebagai seorang tukang servis. 
Karena sudah terlanjur menyebutnya tv polytron mati total dari aal, maka terpaksa kita membahas kerusakannya dengan tetap menyebutnya sebagai tv polytron mati total. dan seperti biasa saya membalikkan mesin tv ini kemudian mengecek bagian regulator, dan saya menemukan C507 yang kembung, R520 terbakar, R521 putus, V533 short, dan c564 yang kembung juga. setelah menemukan semua komponen yang rusak, saya langsung ganti dengan yang baru dan mulai melakukan pengecekan tegangan di setiap titik yang memerlukan tegangan khusus. bagaimana cara mengecek tegangan tv china tidak saya jelaskan disini sebab caranya bisa dibaca di tulisan saya sebelumnya atau silahkan klik disini 

Saat melakukan pengecekan tegangan, saya menemukan hasil yang memuaskan sebab tegangan di semua titik telah tersuplay secara baik hingga saya memutuskan saya untuk melakukan percobaan pada tv polytron mati total ini dan hasilnya pun memuaskan karena sang tv china mati total, yang sedari awal kita sebut tv polytron mati total kini hidup normal, namun untuk memastikan kekuatannya, maka kita tidak bisa langsung menghubungi tuannya akan tetapi kita harus biarkan dulu selama beberapa hari dan jika selama percobaan tv polytron mati total ini tidak terdeteksi keluhan, maka barulah kita hubungi tuannya untuk segera mengambil barangnya.


No comments: