Sunday 6 January 2019

Cara mudah menemukan Pin Protek TV Polytron U-Slim Series

Letak Pin Protek TV Polytron U-Slim Series, selalu menjadi pertanyaan bagi semua tukang servi tv baik itu tergolong tukang servis senior maupun junior. Bagaimana tidak, sebab meskipun sama sama tv merek polytron akan tetapi untuk tv polytron u slim memiliki tipe PCB yang tidak sama. Biasanya perbedaan ini terletak pada komponen utama sebuah pesawat tv polytron u slim yaitu komponen yang bernama ic. Terkadang sebutan untuk komponen inipun berbeda antara tukang servis yang satu dengan tukang servis yang lain. Ada sebagian menyebut komponen utama ini dengan sebutan ic junggle, ada juga yang menyebut ic chroma, dan ada juga yang menyebut ic program. Akan tetapi perbedaan sebutan untuk ic ini bukanlah bahasan pokok pada tulisan ini, jadi saya tidak mau mempermasalahkan penyebutan ini melainkan saya akan khusus membahasa sesuai dengan judul postingan yaitu Pin Protek tv polytron U-slim series.

Mengingat banyaknya produk tv polytron u slim yang di produksi oleh polytron dengan berbagai series, sudah barang tentu akan polytron akan membekali produk produk baru ini dengan komponen yang berbeda sehingga bila kita renungkan paragrap pertama di atas, maka mungkin inilah yang memberikan perbedaan sebutan bagi nama komponen utama ini. Nah agar tidak terlalu membingungkan, maka pada tulisan ini saya akan khusus membahas satu saja tentang posisi pin protek tv polytron ultra slim yaitu dengan model ic HBT05-001G/SMD, dan untuk ic dengan nomor atau kode yang lain mungkin akan di jelaskan pada postingan postingan berikutnya.


Untuk menemukan letak pin protek tv polytron u slim series tidak akan pernah lepas dari peran serta satu buah ic lagi yaitu ic vertikal karena sebuah pin protek tv polytron u slim series akan di operasikan melalui rangkaian vertikal dimana khusus untuk rangkaian vertikal ini yang berperan sebagai aktor utamanya adalah ic vertikal. Dan ic vertikal yang digunakan pun terkadang berbeda baik fisik maupun kodenya. Pengalaman saya selama merefarasi tv polytron protek ini, sering sekali menemukan tv yang sama model dan seri nya, namun ketika saya bongkar ternyata kode atau nomor ic vertikal yang digunakan berbeda. Perbedaan ic vertikal tv yang satu dengan yang lain ini mungkin saja salah satu dari tv ini pernah diservis dan secara kebetulan teknisinya kehabisan stok ic vertikal aslinya, sehingga memilih jalan dengan mengganti dengan persamaan ic vertikalnya atau mungkin sebab lainnya. Entahlah.......? Lanjut ke pembahasan letak pin protek tv polytron u slim series.

Dan ternyata cara termuda untuk menentukan letak pin protek tv polytron u slim series adalah dengan cara memperhatikan blok vertikal dimana bila kita perhatikan PCB tv ini, ada banyak sekali tulisan tulisan kode komponen. Yang harus kita cari adalah komponen dengan kode C402, yaitu kode untuk komponen berupa elco dengan ukuran 50volt/1uf, dimana elco ini berperan sebagai jembatan antara ic HBT05-001G dengan ic vertikal dan bila elco 50volt/1uf in mengalami gangguan putus atau kapasitas berkurang, maka akan mempengaruhi suplay tegangan sehingga tv akan terprotek.
Jadi kesimpulan dari pembahasan ini adalah, letak pin protek tv polytron u slim series, dapat kita tentukan melalui komponen dengan kode C402 lalu kita urutkan ata cari jalurnya terus ke kaki ic HBT05-001G/SMD ini, dan setelah kita menemukan pin proteknya, tentu akan mempermudah kita dalam mengerjakan tv polytron u slim series ini. Semoga bermanfaat.

No comments: