Monday 7 January 2019

Ganti kapasitor ini, maka tv china mati total teratasi

TV China Mati Total bukanlah hal asing lagi di telinga tukang servis, sebab hampir setiap hari para tukang servis kedatangan pasien tv china mati total. Apakah ini karena faktor komponen yang digunakan ataau yang di pasang pada sebuah mesin tv china tidak berkualitas? Saya tidak berani menyimpulkan sebab kadang tv dengan merek terkenalpun bisa rusak padahal belum lama digunakan oleh konsumennya. saya contohkan saja seperti tv sharp yang solusi servis tv sharp alexander bisa anda baca pada artikel saya sebelumnya. tv polytron u slim series dan lain sebagainya. jadi kerusakan sebuah bahan elektronik tidak selamanya merupakan kesalahan dari vendor yang membekali produknya, namun kebiasaan konsumen dalam menggunakan alat elektronik dalam hal ini khusunya pesawat televisi, bisa juga menjadi pemicu kerusakan tv. 

sebelum kita lanjut ke pembahasan tv china mati total, alangkah baiknya bila kita semua memperhatikan beberapa hal yang bisa mempercepat terjadinya kerusakan pada sebuah pesawat televisi antara lain :
  • menggunakan tv terlalu lama tanpa memperhatikan suhu tv yang sudah terasa panas
  • menhidupkan kembali tv tanpa menunggu suhu tv dingin terlebih dahulu
  • menghidupkan tv saat cuaca buruk seperti waktu hujan, petir, dll
jika ketiga hal di atas sering kita abaikan, maka jangan heran bila kita sering menemukan tv china mati total yang memaksa kita untuk mengkarantina tv china mati total kita ke tukang servis. jadi saran saya alangkah baiknya bila kita ingin awet dalam memiliki sebuah pesawat televisi, maka perhatikanlah ketiga hal tersebu.

dan mengenai tv china mati total, yang saya hadapi sekarang ini, menurut tuannya bahwa tadi malam tv ini masih normal, dan di pagi hari sang tv china dihidupkan kembali namun hanya beberapa menit saja warna tv berubah menjadi hitam putih kemudian langsung mati. saat saya colokkan kabel ke listrik, yang sebelumnya saya tekan dulu tombol on/of di posisikan pada posisi hidup, lalu saya perhatikan terminal cok, lobang cok listrik saat saya masukkan stop kontak, dan tak ada reaksi sedikitpun  pada terminal kontak, biasanya ada semacam percikan api, akantetapi kali ini berbeda sebab tak ada sedikitpun percikan percikan yang terlihat. dalam hati saya bahwa kerusakan tv china mati total kali ini ada dua kemungkinan, yaitu sekering putus, atau tran sistor horizontal D2499 yang rusak. apakah dari kedua prediksi saya kali ini benar? silahkan lanjutkan membaca.

Setelah saya buka penutup belakang tv china mati total ini, saya menemukan sebuah mesin yang lumrah di temukan pada semua mesin tv china, baik tampilan PCB maupun jalur jalur skemanya. setelah saya bersihkan debu yang menutupi komponen komponen dari mesin tv china mati total ini, maka saya langsung mengambil multi tester dan memposisikan jarum pada x1 ohm, dan langsung mengukur sekring dan mengecek transistor horizontal D2499 dan hasil pengukuran adalah kedua komponen tersebut benar benar sehat wal afiat. lalu ada apa dengan tv china mati total ini?

setelah memastikan transistor horizontal dalam keadaan sehat wal afiat, saya kembali mundur ke belakang, ke posisi pengecekan pertama yaitu di bagian regulator, atau rangkaian primernya, dimana saya menemukan sebuah komponen dengan kode PCB R502, yang terkapar, namun bila di lihat simbolnya, maka ini adalah simbol dari kapasitor, melihat kerancuan ini, maka saya mengambil sebuah mesin tv china lainnya untuk memastikan komponen apa sebenarnya yang terpasang pada R502 ini, dan ternyata memang benar, komponen yang terpasang disini adalah kapasitor milar dengan nomor KNR/14RM, akhirnya saya mencari komponen ini dan saya pasang yang baru, kemudian mulai melakukan percobaan.

untuk menghindari kerusakan lebih parah, sebelum mencoba tv china mati total ini, saya melakukan cek tegangan dengan terlebih dahulu mencabut kaki colektor horizontal, dan memasang sebuah lampu bohlam meski kita belum tau apakah tvi ini bisa hidupa atau tidak.
tv china mati total inipun  saya hubungkan ke listrik, dan terlihat lampu bohlam menyala redup, menandakan tegangan 115volt untuk B+ telah tersuplay dengan baik, dan lampu indikator menyalah menandakan tegangan 5 volt pun telah hadir, tegangan 24 volt untuk vertikalpun telah datang, dan akhirnya saya cabut cok, dan menyolder kembali kaki colektor transisitor horizontal, lalu kemudian tv china mati total ini saya hidupkan dan Alhamdulillah kini tv china mati total ini telah bekerja dengan baik.


No comments: