Wednesday 9 January 2019

Cara cepat servis tv polytron garis horizontal

tv polytron garis horizontal sering membuat para rekan rekan teknisi dengan pelanggannya atau bahkan antara sesama teknisi, terkecoh atau beda pemahaman. sebagai salah satu contoh kejadian yang saya alami saat berdialog dengan pemilik tv polytron garis horizontal yang beberapa jam tadi selesai saya kerjakan dan kemudian saya curhatkan dalam sebuah artikel yang saat ini anda baca. letak atau situasi yang membuat kita terkecoh adalah saat memahami kalimat garis horizontal, dimana bila hal ini terjadi pada sebuah televisi maka akan menampakkan sebuah garis mendatar dari kiri ke kanan atau satu garis mendatar. Kejadian yang saya alami adalah ketika saya mencoba tv poltron yang baru saja datang, dimana saat itu pemilik tv polytron garis horizontal ini masih berada di tempat kerja saya, sehingga ketika saya menghidupkan tv ini, yang tampak pada layar adala sebuah garis horizontal atau sebuah garis mendatar tepat di tengah tengah layar. melihat hal tersebut, spontan saya berkata owh,,, ini rangkaian vertikalnya yang rusak pak, antara Elco, resistor, diode, atau mungkin ic vertikalnya. Mendengar perkataan saya tersebut, pemilik tv polytron garis horizontal ini seperti tidak yakin dengan apa yang saya sampaikan sehingga saya terpaksa menjelaskan secara detil. dan penjelasan saya ini membuatnya faham den akhirnya menerima pernyataan saya tadi.

 tv polytron garis horizontal
Mengingat apa yang saya alami tadi, maka saya terdorong untuk mengulangi penjelasan saya tadi ke dalam sebuah karya tulis dengan tujuan tulisan saya ini dapat membantu para teknisi dalam menghadapi pelanggan, atau bahkan secara langsung tulisan ini dapat memberikan pemahaman kepada para pelanggan bila secara kebetulan para pengguna elektronik membaca tulisan ini, hingga pemahaman garis horizontal pada tv khususnya tv polytron garis horizontal. dan untuk penjelasannya adalah sebagai berikut :

Ada dua rangkaian pada sebuah pesawat televisi yang bertugas untuk membuka layar tampilan. apa bila kedua rangkaian atau salah satu dari rangkaian ini tidak bekerja secara normal, maka sebuah pesawat televisi tidak akan bisa menampilkan gamar meskipun televisi tersebut mengeluarkan suara. kedua rangkaian tersebut adalah :
  1. Rangkaian horizontal >>>> Rangkaian horizontal adalah sebuah rangkaian yang bertugas untuk membuka layar terpusat di tengah, ke kiri dan ke kanan persis seperti tirai yang dibuka. bila rangkaian ini tidak normal, maka layar akan tetap berada di tengah tengah, atau tv hanya akan menampilkan sebuah garis lurus dari bawah ke atas <Satu Garis Vertikal>
  2. Rangkaian Vertikal      >>>> Rangkaian Vertikal adalah sebuah rangkaian yang bertugas membuka layar dari terpusat di tengah ke atas dan ke bawah, sehingga bila rangkaian ini tidak normal, maka tv hanya akan menampilkan sebuah garis lurus mendatar <satu Garis Horizontal> persis seperti tv polytron garis horizontal yang saya selesaikan tadi.
itulah sedikit penjelasan tentang rangkaian vertikal dan horizontal, lalu mengenai cara cepat servis tv polytron garis horizontal, berikut adalah proses pengerjaannya hingga tv polytron garis horizontal ini terselesaikan.

Karena sudah banyak artikel yang saya tulis mengenai cara pengecekan tegangan, maka saat ini saya tidak akan menjelaskannya disini namun bisa anda baca pada postingan postingan saya sebelumnya, silahkan baca :
Dan masih banyak artikel lainnya dimana dari semua artikel saya tersebut, menjelaskan tentang cara mengecek tegangan sebuah tv, jadi biar lebih jelas, maka sempatkan diri untuk membaca artikel artikel tersebut.
melihat kondisi elco di sekitar rangkaian vertikal sudah aus, maka saya langsung melakukan pergantian, namun hasilnya nihil, sehingga membuat saya terpaksa mengganti ic vertikal LA78141, namun hasilnya pun zonk, saya lanjukan dengan solder ulang di bagian vertikal out, dan di ic programnya, namun hasilnya pun nol. dengan sabar saya membuka yoke vertikal dan horizontal, lalu kemudian mengetesnya, dan disinilah terjawab keluhan dari tv polytron garis horizontal ini, dimana kumpara defleksi bagian vertikal putus, akhirnya saya membuka defleksi dan mencari dimana letak tembaga yang putus, dan akhirnya tv polytron garis horizontal ini terselesaikan setelah saya menemukan kumparan yang putus sekitar 30cm dari pangkal defleksi bagian vertikal. tentu yang saya lakukan adalah menyambung tembaga yang putus dan tidak lupa saya lapis dengan selotip anti panas dan tv polytron garis horizontal pun kini sudah normak kembali.

No comments: