Friday 18 January 2019

Cara Memperaiki Tv Gambar Goyang

Cara Memperaiki  Tv Gambar Goyang Kini menjadi cerita saya pada tulisan ini. Meski ini hanya sebuah cerita, namun bila pembaca mampu memahami cerita ini dengan baik, maka cerita ini bisa menjadi guru, pembimbing anda dalam menangani atau memperbaiki tv gambar goyang.sebab cerita ini bukanlah ilustrasi, atau inprofisasi fikiran semata melainkan sebuah pengalaman dalam kehidupan nyata yang tertuang dalam sebuah karya tulis dengan maksud dan tujuan utama ialah untuk mengingatkan diri kembali, manakala nanti ada kesempatan lagi untuk  Memperaiki  Tv Gambar Goyang.
untuk dimaklumi bahwa sebuah karya tulis yang memberikan manfaat secara pribadi penulis khususnya dan untuk seluruh pembaca pada umumnya adalah menjadi motivator utama bagi seorang penulis. hingga besar harapan saya semoga setiap tulisan saya baik yang berupa kisah, tutorial ataupun trik trik khusus dalam bidang ilmu elektronik, kiranya dapat memberikan manfaat untuk kita semua aamiin Ya Robball Alamin.... 

itulah sedikit mukoddimah dari saya untuk membuka cerita saya kali ini tentang bagaimana Cara Memperaiki  Tv Gambar Goyang yang dengan cara ini mampu menyelesaikan tugas dan tanggung jawab saya sebagai seorang tehnisi elektronik.
Ada beberapa banyak jenis kasus kerusakan mengenai kerusakan tv gambar bergoyang ini, jadi sebelum melakukan perbaikan, dalam artikel saya sering saya gunakan kata eksekusi, maka terlebih dahulu saya melakukan identfikasi baik untuk kerusakan tv gambar goyang, tv gagal start atau berbagai macam kerusakan tv. dan untuk cara memperbaiki tv gambar goyang saat ini, ada beberapa proses identifikasi yang saya lalui antara lain :
  1. mengetahui gejala awal kerusakan tv : Proses ini dapat kita dapatkan informasinya dengan menanyakan langsung kepada pemilik tv
  2. Pengamatan : untuk proses pengamatan, memang memerlukan waktu yang sedikit lama diandingkan dengan proses nomor 1. sebab pada proses ini kita harus benar benar jeli dalam mengamati bagaimana gerakan atau tampilan tv hinggan dikatakan tv gambar goyang. tidak sedikit dari rekan rekan teknisi yang terkecoh dalam menjalani proses ini, dimana sekilas nampak gambar yang goyang, namun sebenarnya yang bergerak adalah osd nya, sehingga memberikan efek seperti gambar goyang. Saya berikan sebuah karikatur : Saat ini anggap saja anda sedang bermain playstation dengan memainkan game motogp. Pada saat anda menekan tombol gas yang biasanya menggunakan tombol <X>, maka motor gp yang nada gunakan seperti bergerak bahkan melaju cepat. Pertanyaan saya, Yang bergerak, sebenarnya apakah motor atau lintasan race nya? hampir 95% dari seorang Gamer menyetujui yang bergerak adalah motornya, bukan lintasannya padahal ......... bagaimana pendapat anda? Dari karikatur tersebut, maka disinilah seorang tehnisi membutuhkan kejelian dalam memperbaiki tv gambar goyang, jangan jangan bukan gamar yang goyang melainkan osd nya. jadi silahkan lebih teliti lagi dalam memperbaiki tv gambar goyang ini.
  3. Setelah nomor 1dan 2 telah kita lalui dengan pas, maka kita lanjut ke proses perbaikan, seperti biasa kita merefarasi tv lainnya.
cara memperbaiki tv gambar goyang, tv gambar bergetar
garis penyebab tv gambar goyang
Lanjut untuk cerita cara memperbaiki tv gambar goyang, yang mana setelah saya melakukan proses 1 sampai 3, yang mana gambar tv yang saya tangani saat ini terlihat bergoyang dari atas ke bawah, dan ketika saya menekan timbol AV, tampak layar biru sebab tanpa ada koneksi video out, maka tak akan ada gambar melainkan hanya layar biru, dan ternyata saat layar terlihat biru polos, maka pada bagian atas tv, tamapak ada semacam garis garis buku sekitar 3cm, dari layar bagian atas. Melihat keadaan tersebut, saya menekan tombol menu untuk menempilkan osd, tapi osd baik baik aja tanpa ada pergerakan sedikitpun. akhirnya saya memutuskan untuk mengobrak abrik elco 50volt/100uf yang berada bagian vertikal, saya lekas mengganti dengan yang baru tanpa melakukan pengecekan terhadap elco tersebut sebab kondisi fisik elco tersebut hampir seperti baru. setelah melakukan pergantian, saya kembali menghidupkan tv dan dwaaaaaarrrrrr.... tv pun tidak lagi menampilkan gambar goyang, akhirnya selesai sudah proses perbaikan tv gambar goyang kali ini.


Akan tetapi jangan berhenti membaca sampai disini sebab pada tulisan lanjutan ini, selain memberikan Cara Memperaiki  Tv Gambar Goyang, saya juga akan menuliskan beberapa pengalaman singkat lainnya tentang Cara Memperaiki  Tv Gambar Goyang dan berikut ini ulasannya :

  • apabila gambar tv bergoyang hanya sedikit, hal ini biasanya dikarenakan oleh gangguan pada RCA maka solusinya : silahkan cek kabel input rca nya, selain itu kadang juga disebabkan oleh jec rca yang sudah aus. Selain itu pastikan bahwa semua tegangan dari regulator atau tegangan skunder telah tersuplay dengan baik.
  • tv gambar goyang juga bisa disebabkan oleh transistor horizontal. perlu difahami bahwa  kaki basis transistor ini bertugas untuk memberikan sinyal berupa gelombang terhadap ic program. transistor horizontal dibantu oleh sebuah transistor dan trafo ferit kemudian memberikan tegangan tinggi melalui kaki colektor ke FBT sehingga FBT mampu membaakar elktron dalam tabung. dan bila pembangkit ini kurang normal, maka tentu akan memberikan sinyal kinerja kurang baik bagi FBT sehingga menyebabkan tv gambar goyang.
  • untuk yang berikutnya tentunya juga blog vertikalnya seperti cerita saya tentang Cara Memperaiki  Tv Gambar Goyang di atas.

No comments: