Friday 11 January 2019

Cara merakit power sanken 400watt stereo

Cara merakit power khususnya power sanken 400watt stereo sebenarnya sama saja dengan cara merakit power lainnya, sebab cara kerja power amplifier adalah sama saja baik itu input output tegangan maupun input output suaranya. Akan tetapi yang sering menjadi polemik adalah pengaturan tegangan yang bersumber dari power suplay, jika pemberian tegangan terhadap power sesuai dengan kebutuhan nya, maka tenu saja power amplifierya akan bekerja secara baik, mengeluarkan suara yang jernih tanpa ada suara suara tambahan seperti suara dengung seperti kebanyakan power power rakitan. mengenai Cara merakit power amplifier ini yang perlu kita perhatikan adalah beberapa blog pendukung yang menjadi bagian dari power amplifier dan berikut adalah penjelasannya :

1. Power suplay
Power suplay adalah blog pengasup tegangan yang akan menyalurkan tegangan kepada kita power hingga kit powernya bisa bekerja. Power suplay ini terdiri dari sebuah trafo, empat buah diode, atau satu buah diode kiprok dan minal dua buah elco. Dan jika kita hendak merakit power amplifier 400watt,  maka bahan-bahan yang dibutuhkan blog power suplaynya adalah :
1. Trafo 10 Ampere CT dengan output 25, 35, dan 45 voltase
2. Dioda kiprok 25 Ampere
3. Elco 50volt/1000uf
Cara merakit power suplaynya bisa dilihat pada gambar dibawah ini dengan catatan output tegangan diambil adalah 25 volt. atau bisa dibaca di cara membuat power suplay untuk power watt besar

Cara merakit power
2. Blog power
Blog power adalah blog yang bertugas untuk mengeluarkan suara bila telah diberikan tegangan oleh power suplay, pemberian tegangan ini harus sesuai dengan kebutuhan dari power, jangan sampai kurang karena bisa menyebabkan suara tidak sinkron bahkan sember seperti speaker rusak, juga jangan terlalu besar karena bisa menyebabkan transistor finalnya terbakar. Jadi sebelum memasang, alangkah baiknya bila kita coba berikan tegangan dari yang paling kecil dulu,  akan tetapi dari power 400watt yang telah saya rakit, posisi 25 volt pada trafo adalah posisi yang paling ideal untuk power 400watt sebab hasil suaranya luar biasa namun kit power dan travonya tidak panas meski seharian di gunakan padahal power rakitan ini tidak dipasangnya kipas sebagai pendingin namun hanya headsing yang terpasang dari tokolah yang menjadi pendinginya alias original. baca juga cara servis tv china vertikal jebol terus

Lanjut ke cara merakit power setelah blog pertama dan kedua siap, maka kini tinggal kita gabungkan kedua blog tersebut dengan memasukkan tegangan ke power melalui power suplay yang telah kita buat seperti gambar yang memiliki tiga titik tegangan yaitu (min, plus dan ground atau CT) ketiga titik tegangan ini kita sambungan ke kit power, dimana kit power juga telah memiliki keterangan pada pcb nya, jadi tinggal kita solder saja. Dan untuk output speaker juga telah tersedia pada kit power dengan keterangan sudah tertera pada pcb kit power tinggal kita solder saja.

Jika keterangan cara merakit power di atas telah diikuti dengan benar, maka tinggal kita melakukan uji coba dengan memasukkan tegangan listrik melalui trafo, jika tegangan telah masuk, maka silahkan sentuh titik input, dan jika saat anda menyentuh titik input lalu keluar desis respon, maka proses atau cara merakit power telah berhasil, dan sebagai tambahan,  perhatikan pula suara suara tambahan ketika power rakitan telah dimasukkan tegangan apakah ada suara suara tambahan atau tidak, jika ada maka silahkan atur lagi posisi tegangan mungkin tegangan belum stabil jadi perlu dinaikkan atau diturunkan tegangan nya.

Naaaah dari keterangan cara merakit power di atas mungkin ada yang belum dimengerti atau dipahami,  silahkan langsung tanyakan di kolom komentar biar ada tindak lanjut dan kelanjutan dari artikel cara merakit power ini.


No comments: