Thursday 10 January 2019

Tv china vertikal jebol terus

Tv china vertikal jebol terus kini hadir di meja kerja saya, tv ini sebelumnya pernah saya kerjakan dengan keluhan awal mati standby, dan kerusakannya saat itu adalah ic vertikal nya yang sport, meski tidak separah saat ini, namun tetap saja kerusakan akan memberikan dampak besar pada kinerja tv. Dan sekarang tv ini kembali dengan dampak yang lebih parah diman ic vertikal nya tidak hanya sekedar sport melainkan langsung jebol tanpa bekas sedikitpun pecahan dari ic vertikal ini. Sebelum  saya lanjut membahas tv china ic vertikal jebol terus, terlebih dahulu saya akan memberikan referensi terhadap kerusakan yang ditimbulkan atau dampak yang ditimbulkan bila ic vertikal tv china rusak. Berdasarkan pengalaman yang saya alami selama merefarasi tv khususnya tv china, ada dua dampak yang ditimbulkan pada tv china, antara lain :

tv china vertikal jebol terus

  • Tv china tidak dapat menampilkan gambar melainkan hanya menamainkan satu garis mendatar  yang cara penyelesaiannya dapat dibaca disini
  • Tv china tidak bisa start atau tv china mati standby, untuk penyelesaian masalah ini juga dapat dibaca disini.


  • Akan tetapi untuk point nomer 2, bisa juga disebabkan oleh kerusakan lain seperti ic Chrome atau ic program rusak, ic memori eror dan masih banyak lagi kerusakan yang dapat menyebabkan tv china mati standby. 

    Lanjut pada tv china ic vertikal jebol terus yang saat ini saya kerjakan, dan saya melakukan pengecekan tegangan untuk rangkaian vertikal yang mana saya temukan tegangan untuk ic vertikal sebesar 30 volt, tentunya hal ini adalah tegangan tak lazim untuk sebuah ic vertikal karena ic vertikal tv china hanya membutuhkan tegangan sejumlah 24volt saja. Jadi sebuah kewajaran bila ic vertikal tv ini jebol terus, sebab tegangan yang ia terima melebihi kapasitas kemampuannya yaitu 24volt saja. Untuk mengatasi tegangan over pada ic vertikal ini, saya melakukan hal yang biasa yaitu mengganti elco 35volt/1000uf yang berfungsi sebagai penyuplay tegangan untuk ic vertikal, namun hasil yang saya temukan adalah tidak ada pengaruh sedikitpun, akhirnya saya terpaksa harus menghambat arus pada vcc vertikal ini dengan memberikan sebuah penghambat berupa resistor berukuran 4k7, yang ujung satunya saya solder pada kaki + elco 35volt/1000uf, dan ujung satunya saya solder di jalur yang menuju ke kakivertikal, dan untuk data pin ic vertikal bisa anda baca disini.

    Setelah pemasangan resistor 4k7, saya kembali mengecek tegangan sebelum memasang ic, hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko tv china vertikal jebol terus dan alhamdulillah tegangan untuk vcc vertikal inipun normal yaitu 24volt, dan langsung saja saya pasang ic dan mencoba mesin tv china vertikal jebol terus ini pun pada crt lain sebab tv ini datang hanya mesinnya saja, dan selama percobaan tv china vertikal jebol terus inipun tidak menunjukkan tanda-tanda ic vertikal akan jebol lagi sebab saya coba meraba heatsing tempat ic vertikal ini menempel dan hanya terasa hangat wajar tapi tidak panas, dan tentunya ini adalah sebuah pertanda baik untuk sebuah tv china vertikal jebol terus.

    No comments: