Monday 31 December 2018

Penanganan tv china bila playback tidak nyembur

playback tidak nyembur pada tv china memang hal yang sudah tidak asing lagi bagi para tukang servis, namun dari kebanyakan pengalaman para tukang servis tv china playback tidak nyembur ini, disebabkan oleh rangkaian horizontal yang belum bekerja alhasil bila rangkaian horizontal ini belum bekerja, tentu saja playback juga tidak akan mau bekerja sehingga playback tidak nyembur melainkan pesawat tv china hanya standby saja. 

kali ini kasus tv china playback tidak nyembur yang saya hadapi jauh berbeda letak penyelesaiannya daripada pengalaman pengalaman saya dan kebanyakan tukang servis lainnya sebab ketika saya melakukan pengecekan pada rangkaian horizontal dengan mencabut kaki kolektor transistor horizontal dimana tv china playback tidak nyembur yang saya tangani kali ini menggunakan transistor horizontal dengan kode D2499, lalu saya hidupkan tv untuk mengetahui tegangan b+ dan suplai tegangan pun normal menandakan rangkaian horizontal telah bekerja sesuai fungsinya, lalu kenapa playback tidak nyembur pada tv china ini? itulah gumam pertanyaan yang timbul dalam hati.

melihat jam yang sudah menunjukkan pukul 12 siang, maka saya pun menghentikan pengerjaan tv china playback tidak nyembur ini, sebab saya harus siapkan makan siang, siap siap ke masjid untuk shalat dzohor dan menyiapkan kopi. Pulang dari masjid, saya makan siang dan membuat kopi lalu kembali ke meja kerja. sembari menikmati kopi dan rokok, saya menatap mesin tv china playback tidak nyembur yang masih terbaring di meja kerja. tanpa disengaja pandangan tertuju pada soket tombol yang berada sejajar dengan soket sensor yang tergabung dengan lampu indikator. 
dengan cepat saya perhatikan konek tersebut dan saya lihat ada sebuah resistor yg gosong. apa iya resistor ini penyebab tv china playback tidak nyembur? ahhhhhh...... tak ada salahnya bila kita mencoba lagian sebuah pesawat tv tidak akan hidup normal bila ada komponen yang rusak. itulah gumamku dalam hati.

dengan lekas saya cabut resistor tersebut yang memiliki nilai 22 kilo agar lebih jelas, warna cincin resistor ini adalah merah merah jingga, dan saya ganti dengan resistor cabutan dari mesin lain. dengan penuh keraguan atau rasa pesimis, saya lalu coba menghidupkan tv china playback tidak nyembur ini dan GEBYAAAAAAAAAARRRRRRR....... tv langsung hidup dan menampilkan gambar yang sempurna sebab antena sudah saya colokan sejak tadi.
dengan senang hati saya tarik nafas panjang sambil menikmati kopi yang sempat terabaikan karena terlalu fokus pada tv china playback tidak nyembur yang sempat bikin memet. tapi rasa syukur kehadirat Allah karena telah mempermudah pengerjaan tv china playback tidak nyembur ini. dan untuk menampakkan rasa senang ini sehingga saya berniat berbagi pengalaman kiranya pengalaman saya ini bisa diikuti oleh rekan rekan teknisi lainnya dengan menulis sebuah artikel dengan judul penanganan tv china playback tidak nyembur.

Demikianlah pengalaman ini semoga bermanfaat bagi rekan rekan teknisi bila menemukan pasien dengan keluhan tv china playback tidak nyembur.

No comments: