Wednesday 16 January 2019

Trik Identifikasi Kerusakan TV polytron Mati Total

TV Polytron Mati Total kembali mengisi meja kerja saya dengan kerusakan awal, sewaktu tv polytron mati total ini dinyalakan, tak ada reaksi sedikitpun yang walau hanya kedipan pada lampu indikator padahal tegangan PLN sudah tersuplay ke bagian regulator walau hanya terukur normal pada elco 400 volt nya saja. namun gambaran ini setidaknya mampu mempermudah kita dalam melakukan identifikasi sebab wilayah pengecekannya cukup kita lakukan pada bagian regulator selaku rangkaian primer.

hampir semua tv bermerek polytron menggunakan sistem regulator yang sama sebab untuk bagian ini dibekali oleh sebuah ic yang disebut fet dengan kode 7N65C yang mana apabila terjadi kerusakan pada komponen ini maka akan mengakibatkan tv polytron mati total meskipun tidak selamanya kerusakan tv polytron ini disebabkan oleh ic ini saja, namun kerusakan komponen lain pada bagian regulator inipun terkadang bisa menyebabkan tv polytron mati total.

jika sebuah tv polytron mati total saat ini tengah anda kerjakan pula seperti saya, maka alangkah baiknya bila anda mengikuti apa yang saya sarnkan berikut yaitu, apa bila tv polytron yang saat ini anda kerjakan, pernah dihubungkan ke listrik PLN, maka akan lebih bila elco 400 volt kita cek dulu, sebab kemungkinan besar elco ini akan menyimpan tegangan dalam jumlah besar yang dapat menyebabkan kita tersengat listrik yang tentu sangat mengerikan. jadi lebih baik kita buang saja tegangannya dengan menggunakan sebuah lampu bohlam.

Dan jika terbukti elco 400 volt ini masih menyimpan tegangan yang cukup besar, maka dapat dipastuikan bahwa 7N65C tadi belum bekerja. naaaah, ini artinya kita harus fokus pada komponen komponen yang terhubung dengan fet 7N65C ini, jadi silahkan cek tiga buah transistor yang berada tak jauh dari fet ini, jangan tangung tangung, ganti saja ketiga transistor tersebut dengan yang baru. namun apabila setelah mengganti transistor tesebut ternyata hasilnya malah 7N65C menjadi korban, malah sekarang kilometer menjadi jeglek, maka perlu kita ganti juga sebuah resistor berukuran 33k yang terhubung langsung ke kaki fet tersebut. untuk diperhatikan bahwa sebtelah melakukan pergantian pada resistor 33k, silahkan cek dulu tegangan yang masuk ke kaki fet ini, bila tegangan yang keluar dari resistor 33k ini melebihi 5 volt, maka jangan dulu memasang fetnya, sebab fet ini hanya mampu menahan dan akan bekerja bila di berikan tegangan sebesar 5 volt, jika masih lebih, maka fet ini akan rusak lagi, jadi silahkan ganti lagi R33k dengan yang baru, dan jika tegangannya sudah 5 volt, maka jangan ragu ragu untuk memasang fet ini. sebab bila tegangan yang dibutuhkan sudah sesuai dengan kebutuhan, maka kemungkinan rusak fit ini sangatlah minim. dan besar kemungkinan  tv polytron mati total anda akan teratasi.

berbeda dengan tv polytron mati total yang saya tangani saat ini, sebab setelah pergantian komponen komponen di atas, hasil yang saya dapatkan masih meminta saya untuk bekerja lagi, sebeb tv polytron mati total masih belum menunjukkan tanda tanda kehidupan.

No comments: