Tuesday 25 December 2018

Trik jitu Servis Tv Sharp Alexander Protek

Tv sharp merupakan salah satu produk elektronik yang terkenal dengan sistem proteksinya yang sangat luar biasa. TV sharp Alexander Slim 21" merupakan salah satu pasien saya yang masuk kali ini dan saya akan langsung share pengalaman saya ketika mengerjakan tv sharp alexander slim 21 inch ini. menurut empunya,, tv sharp ini sering mati sendiri bila dihidupkan dalam beberapa menit, bahkan terkadang hidup normal, sehingga dalam feeling saya tertuju pada salah satu komponen yang terdapat pada bagian regulator yaitu STR dimana sharp alexander jenis ini menggunakan STR dengan kode strw6554. namun setelah mendengarkan curhatan dari sang pemilik tv sharp alexander hingga selesai, maka feeling saya pun berubah sebab gejala yang dialami tv ini adalah protek, dimana saat dihidupkan, tv ini hanya hidup lampu indikatornya saja malah saat awal dihidupkan, lampu indikator menyala terang lalu redup kembali seperti ada sesuatu yang short atau terjadi hubungan singkat pada bagian tv.

servis tv sharp alexander

melihat gejala tv sharp alexander slim saat ini, maka saya pun tak ingin ber feeling feeling an, melainkan langsung action dengan membongkar bok bagian belakang tv dan kemudian membersihkan debu debu yang menutupi pcb tv sharp alexander ini, dengan demikian jelaslah beberapa komponen yang menunjukkan kondisi yang sangat memprihatinkan, seperti elco elco yang berada di sekitar ic vertikalnya yang terlihat hamil dan ada juga yang telanjang. saya katakan telanjang karena kertas yang membalut elco ini telah terkelupas hingga habis, hmmmm maaf ea kalau bahasanya rada rada fulgar, namu  itu maksud saya hanya sekedar mencairkan suasana setelah melihat raut wajah pembaca yang tampak sangat serius he..hee.
untuk meyakinkan diri bahwa tv sharp alexander slim protek bagian vertikal, maka saya langsung saja mengganti elco elco yang terlihat kembung di bagian vertikal dan tak lupa pula saya langsung ganti ic LA78040 yang merupakan ic vertikalnya.

Alasan saya mengganti ic vertikal dari tv sharp alexander slim ini adalah karen saya melihat kondisi kondisi elco yang menunjukkan kinerja yang melebihi batas kapasitas sehingga tidak menutup kemungkinan sang ic vertikal LA78040 ini juga pernah bekerja melebihi batas kapasitasnya meskipun tidak secara langsung merusak ic vertikal ini namun setidaknya tingka kinerja yang akan dikeluarkan dari ic ini tentu tidak se normal biasanya, maka setelah melakukan pergantian elco dan icvertikal ini, saya langsung mencoba menghidupkan tv sharp alexander slim ini dan alhamdulillah hasilnya pun sangat memuaskan sebab terlihat tv hidup dengan normal. akan tetapi warnanya kurang fokus atau tidak seperti warna pada produk tv sharp biasanya yang tampilan gambarnya tajam namun tv ini gambarnya monoton biru meski ada kelihatan merah dan hijaunya tapi tidak singkron, lalu saya kembali mematikan tv dan melakukan solder ulang pada bagian RGB di dekat soket ic dan pada kaki ic yang terlihat kering. selain itu tak luput juga solder ulang di bagian RGB tabung tentunya di kaki soket yang terdiri dari tujuh pin yang menempel dibagian filamen tabung, dan sedikit solder ulang pada kaki kaki transistor yang ada dibagian tersebut. setelah selesai solder ulang, saya pun kembali menghidupkan tv dan alhamdulillah gambar sudah normal bak baru keluar dari pabrik.

servis tv sharp alexander
akan tetapi, dihati kecil saya tetap pesimis karena saya masih teringat kronoligi tv sharp alexander slim ini dimana gejala awalnya adalah hidup untuk beberapa saat lalu mati walau kadang hidupnya cukup lama namun mati lagi, sehingga saya masih meragukan kondisi tv ini, dan untuk meyakinkan saya, maka saya pun membiarkan tv sharp alexander slim 21 ini, hidup sendiri sebab saya pergi ke dapur untuk memasak air dan membuat segelas kopi. sambil menikmati kopi dan beberapa batang rokok, pandangan saya terus tertuju pada layar tv sharp alexander slim 21 yang baru saya kerjakan, bahkan saya setelah selesai ngopi, saya servis sepeaker aktif polytron mati total yang tutorialnya dapat anda baca disini. hingga saya dapat menyelsaikan speaker aktif polytron mati total tersebut, sang tv sharp alexander slim 21 masih tetap hidup normal tanpa ada kendala sedikitpun.

Mengingat profesi kita sebagai penjual jasa, tentu kita ingin pelanggan kita puas dengan hasil kerja dan pelayanan yang kita berikan sehingga saya kembali melakukan solder ulang pada bagian bagian tv sharp alexander slim ini secara menyeluruh, lalu kemudian membersihkan pcdb dengan kuas sembari mencermati solderan pada kaki kaki komponen untuk menghindari solderan kita yang terhubung satu sama lain. setelah yakin semua solderan sudah baik, maka saya langsung memasang tv sharp alexander slim 21 ini ke bok dan langsung memasang boxnya, dan tak lupa juga saya bersihkan bok bagian luar dengan pembersih dan memberikan sedikit polesan sehingga tv tampak kinclong, lalu tahapan terakhir kerja yang biasa saya lakukan setelah proses pembersihan adalah mencoba kembali sambil membuat nota. 

Membuat nota adalah tahapan paling menyenangkan bagi semua tukang servis termasuk juga saya he..hee..
demikianlah sekelumit pengalaman servis tv sharp alexander slim 21 yang dapat saya tuliskan, semoga bisa jadi referensi bagi rekan rekan teknisi yang lain. Sekian dan wassalam.

No comments: