Monday 24 December 2018

Tv LG U Slim gagal start/protek

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.....
Kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang cara Servis TV LG U Slim Protek/Gagal Star, karena di hari ini saya kedatangan pasien sebuah TV LG U Slim dengan keluhan susah start atau gagal start. setelah saya coba colokkan tv ini lalu kemudian saya tekan tombolpower, terlihat lampu indikator menyala namun di layar tetap gelap, tak ada raster sedikitpun, artinya tv belum bekerja dengan baik. Saya coba tekan tombol P+ di panel  TV dan terdengar ada suara SSSST, menandakan TV star namun kembali lagi ke posisi standby, saya coba berulang kali menekan tombol P+ sambil memperhatikan layar di TV, perlahan dan terus saya perhatikan saat tv start dan memang terlihat ada sebuah garis datar yang menandakan ada sesuatu yang tidak beres pada rangkaian Vertikal, 

Setelah melihat kondisi TV LG U Slim tersebut, maka tanpa berfikir panjang, saya langsung membongkar TV LG U Slim tersebut dan betapa kagetnya saya ketika melihat kondisi bagian dalam dari TV tersebut yang penuh dengan rumah rumah spiderman, dan saya lekas mengambil kuas lalu membersihkan jala yang menyelimuti seluruh bagian tv lg u slim tersebut. setelah tampak bersih, dengan perlahan saya perhatikan kondisi fisik dari seluruh komponen tv, namun semua komponen tampak masih bagus seperti baru, hmmmmmm..... lalu apa ya, yang menyebabkan tv ini tidak bisa start.


penyebab tv lg gagal start
Gambar di atas merupakan kondisi tv yang saya maksud, dan setelah bersihkan saya langsung lakukan pengecekan tegangan khusus terpokus pada bagian vertikal, dengan tahapan tahapan seperti berikut :

1. Cek Jalur
Dengan menaruh jarum ohm meter pada posisi buzzer, agar memudahkan pengecekan jalur yang terputus atau masih nyambung, karena indikator yang kita terima berupa suara, jadi tanpa melihat tesmeter pun kita bisa melakukan pengecekan karena cukup mendengar suara yang tiiiit dari multe meter dengan ketentuan
  • bila suara yang keluar dari multimeter terdengar keras, berarti jalurnya masih bagus.
  • bila suara yang keluar dari multimeter terdengar kecil, berarti jalurnya kurang bagus, mungkin diakibatkan korosi, solderan yang kendor dan lain lain.
  • bila suara tidak ada yang keluar dari multimeter alias sepi berarti jalurnya putus.
Dari hasil pengecekan jalur, yang saya lakukan ternyata semua jalur bagian vertikal masih dalam keadaan baik sehingga saya beranjak pada tahapan berikutnya.

2. Cek tegangan
Sama seperti tahapan yang pertama yaitu fokus pada rangkaian vertikal, sehingga sayapun melakukan pengecekan tegangan hanya pada rangkaian vertikal, yaitu pada bagian vcc dimana tegangan berkisar antara 24 Volt sampai 26 Volt, dan kebetulan untuk TV ini menggunakan tegangan 26 volt yang diambil dari kaki playback, lalu tegangan output  vertikal dan hasilnya juga sama yaitu semua tegangan normal.

penyebab tv lg gagal start3. Pergantian Komponen
setelah tahapan satu dan dua selesai dengan uraian hasil seperti yang saya gambarkan di atas, maka tanpa berfikir panjang, saya langsung melakukan pergantian IC Vertikal yaitu L78141 dan tak lupa juga saya mengganti Elco 35volt/1000uf dan 35volt/100uf, dan setelah melakukan pergantian pada ke tiga komponen tersebut dan sedikit melakukan solder ulang pada bagian yang terlihat kering solderannya, maka saya langsung menghidupkan tv dn alhamdulillah hasilnya tv pun hidup normal.
kini saatnya menyiapkan nota dan menerima hasil dari usaha yang lumayan membingungkan namun penuh denganrasa penasaran.

demikianlah yang dapat saya tuliskan dan jika ingin tulisan ini lebih bermanfaat bagi lebih banyak orang, silahkan shar dan salam solder,,,
wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

No comments: