Monday 31 December 2018

Solusi speaker aktif polytron suara dengung

speaker aktif polytron khususnya XBR, memang menjadi pavorit di kalangan masyarakat indonesia khususnya, bagaimana tidak? sebab speaker aktif polytron, telah dilengkapi oleh stereo power amplifier yang dikombinasikan dengan sistem kontrol suara yang ditunjang oleh ic yang diproduksi langsung oleh polytron. Selain itu speaker aktif polytron ini juga didukung oleh speaker dengan kepingan magnet yang besar mengelilingi spule speaker sehingga mampu menahan suara meski dengan tekanan yang besar sekalipun. akan tetapi sebagai sebuah barang elektronik, tentu saja speaker aktif polytron ini sering mengalami gangguan atau kerusakan seperti barang elektronik lainnya. dan kerusakan yang sering terjadi adalah suara dengung yang pada artikel ini akan saya kupas solusi speaker aktif polytron suara dengung.

speaker aktif polytron suara dengung ini diakibatkan oleh beberapa kemungkinan sehingga ketika saya menghadapi pasien speaker aktif polytronpolytron suara dengung ini, maka hal yang saya lakukan antara lain.
  1. mengambil obeng dan langsung membuka bok penutup belakang, karena kerusakan speaker aktif polytron seperti ini terletak pada bagian power supply, dan bagian power amplifier jadi kerjakan bagian ini saja, jangan membuka bagian kontrol 
  2. mengambil multimeter dan mengecek jalur tegangan positif, negatif, dan ground, khususnya pada jalur ground. karena jika jalur ground ini putus, maka akan menyebabkan speaker aktif polytron akan mengeluarkan suara dengung saja meski volume control telah berada pada posisi nol.
  3. mengecek transistor final TIP41, TIP42, karena speaker aktif polytron ini stereo, jadi jumlah TIP41 nya dua buah dan TIP42 nya juga dua buah. jadi saya cek semua secara teliti.
karena hasil pengecekan ke empat transistor final dalam keadaan baik, maka kesimpulan yang bisa diambil dari hasil pengecekan adalah jalur ground yang putus, karena memang saat pengecekan jalur ini, jarum multimeter bergerak hanya sedikit yang menandakan jalur ini kurang bagus meskipun secara fisik, pcb speaker aktif polytron ini masih dalam keadaan mulus, hanya saja pada jalur ground utama terlihat sedikit gosong, mungkin disebabkan oleh panas yang berlebihan.
menangani hal ini, saya mengupas mcb yang terlihat gosong, hingga bersih dan menyolder ulang dan mengambil kabel anti panas kemudian menyambung jalur yang putus tersebut.

Setelah jalur terhubung melalui kabel jumper, maka saya langsung mengetes speaker aktif polytron tersebut dan hasilnya alhamdulillah speaker aktif polytron normal kembali.

Demikianlah pengalaman saya dalam mengerjakan sebuah speaker aktif polytron yang saya sajikan dalam sebuah tulisan berjudul solusi speaker aktif polytron suara dengung. 


No comments: